Pahami Jenis karakter Anda


Memahami karakter diri sendiri adalah hal penting yang perlu dilakukan oleh setiap individu. Karena dengan memahami karakter diri sendiri akan mempermudah beradaptasi dimana saja berada dan kapan saja tanpa takut dengan adanya masalah-masalah yang akan timbul. Selain itu dengan memahami karakter diri sendiri akan tahu kelemahan diri sendiri sehingga dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk menilai apakah tindakan yang dilakukan sudah sesuai dengan kondisi yang ada atau belum sesuai. Sehhingga dapat mempermudah dalam memperbaiki setiap kelemahan-kelemahan dan kesalahan-kesalahan yang dimiliki oleh individu itu sendiri.

Saya adalah orang yang pendiam
Orang pendiam cenderung suka berfikir,  memperhatikan keadaan, dan merancang pemikiran-pemikiran yang hebat. Tapi disisi lain orang ini memiliki kelemahan atau kekurangan dalam hal berbicara. Mereka lebih cenderung berbicara dengan bahasa tingkat tinggi yang jarang diketahui oleh orang lain. Mereka juga dalam berbicara terlalu berbelit-belit sehingga orang-orang akan bosan ketika sedang berbicara dengan mereka. Bahasa mereka hanya bias dipahami oleh orang-orang terdekatnya. Selain itu orang pendiam juga mudah depresi sehingga perasaannya cepat berubah-rubah. Dan orang ini cocok untuk menjadi penasihat.
Saya adalah orang yang suka bekerja
Orang yang suka bekerja cenderung memiliki banyak aktivitas atau kegiatan yang memenuhi hari-harinya. Bagi mereka, bekerja adalah bagian dari nafasnya, artinya hidup adalah utuk bertindak, bukanlah untuk berlarut-larut dalam kesedihan, pemikiran-pemikiran atau hayalan. Sehingga mereka lebih cenderung ceroboh dalam melakukan setiap tindakannya karena tidak didasari dengan persiapan yang matang. Selain itu dalam hal pengetahuan pun masih kurang. Dalam hal pemikiran orang ini lebih dominan menggunakan hal-hal yang bersifat realistis sehingga dia hanya akan mempercayai suatu hal jika dia sudah mengalaminya atau menyaksikannya sendiri. Orang ini juga tidak percaya dengan hal-hal yang aneh. Dalam dunia bekerja orang ini cocok menjadi karyawan dan wirausahawan.
Saya adalah orang yang suka berbicara.
Orang yang suka berbicara cenderung suka berbagi hal-hal yang bermanfaat. Mempunyai mental yang mumpuni dalam hal berbicara di hadapan banyak orang, baik di forum-forum resmi maupun di kehidupan sehari-hari. Orang ini juga mempunyai intelektualitas yang tinggi. Setiap sesuatu yang dibicarakan mengandung solusi-solusi bagi orang yang mendengarkan. Orang ini juga anti mengkritik, dia lebih memilih kata-kata yang tepat untuk member solusi-solusi setiap pertanyaan-pertanyaan dan masalah-masalah yang sedang dihadapi dari pada mengkritik dan mencari kesalahan-kesalahan yang lebih dalam. Tapi biasanya sifat yang seperti ini dimiliki oleh orang-orang yang sudah tua dan berpengalaman dalam hidupnya. Karena untuk berbicara dengan baik dan benar serta berkualitas haruslah memiliki pengetahuan yang luas dan pengalaman-pengalaman yang banyak. Orang sepeti ini cocok menjadi fasilitator, motivator dan pembicara.
Selesai
Kesimpulan
karakter tiap individu itu berbeda-beda. Karakter pendiam tertarik dengan hal-hal yang bersifat spesifik/rinci. Kelemahannya adalah kurang bisa menyampaikan sesuatu yang hendak diunkapkan dalam bentuk kata-kata. Dalam hal praktek pun kurang menguasai. Karakter pekerja tertarik dengan hal-hal yang menantang untuk dicoba. Kelemahanya adalah pengetahuannya tidak mumpuni karena dalam belajarnya tidak memahami secara mendalam. Dalam pekerjaan dia lebih cocok jadi karyawan dan wirausahawan. Karakter suka berbicara lebih tertarik dengan hal-hal yang bermanfaat. Hampir tidak ada kelemahannnya. Dia cocok menjadi fasilitator, motivator, dan pembicara.
Itulah uraian untuk memahami jenis karakter anda. Jangan lupa share ke teman-teman anda dan jangan lupa masukkan kritik saran dan masukan di kolom komentar. Sekian dari saya dan akhir kata Terima kasih atas kunjungan anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *