Apa pentingnya membaca bagi kita?

Apa pentingnya membaca bagi kita? 

Membaca sangat penting bagi kita, karena dengan membaca, kita akan mengetahui segalanya. Terbukti dengan adanya ungkapan-ungkapan yang mengatakan pentingnya membaca. Kita tidak bisa mengelak dengan pernyataan seperti itu. Karena Anak kecil sekalipun akan mengatakan bahwa membaca itu penting. Dengan alasan jika rajin membaca mereka akan pintar dan akan mendapat rangking di kelasnya. Orang yang tidak pernah duduk di bangku sekolah pun juga akan mengatakan bahwa membaca itu sangat penting, tak sedikit orang yang tidak pernah duduk di bangku sekolah mengeluh dan menyesal, karena masa lalunya tidak digunakan untuk belajar membaca yang kini mereka mengalami masalah dalam karirnya.Tapi entah kenapa kita kadang melewatkan momen-momen penting untuk membaca.
Membaca sendiri ada dua makna yaitu membaca dalam arti tekstual dan membaca dalam arti kontekstual. Membaca dalam arti tekstual adalah membaca dalam arti sempit, dalam kata lain membaca secara tekstual adalah membaca teks/tulisan. Dan membaca dalam arti kontekstual adalah membaca dalam arti luas, yaitu bukan hanya membaca teks saja tapi juga membaca segalanya, membaca situasi, membaca kondisi, membaca peluang dan lain sebagainya.
Dari kedua pengertian diatas antara yang satu dengan yang lain saling berkaitan, dan jika berat sebelah, maka yang terjadi adalah sebuah masalah. Artinya kita harus menyeimbangkan antara membaca referensi-referensi dengan keadaan-keadaan yang terjadi. Ibarat dalam sebuah penelitian ilmiah, selain meneliti objek, kita juga harus menggunakan pedoman-pedoman dan buku-buku yang relevan dengan objek yang sedang kita teliti.
Apa pentingnya membaca bagi kita?
Membaca secara tekstual
Dengan membaca secara tekstual bisa meningkatkan kecerdasan otak kita. Ada ungkapan yang menyatakan bahwa ketika otak mendapatkan kosa kata baru maka kemampuan otak akan semakin baik, karena otak tidak bosan dengan rutinitas sehari-hari. Jika otak hanya menerima hal-hal yang itu-itu saja, maka otak tidak akan berkembang dengan baik, bahkan akan tumpul. Seperti kiasan yang sudah tidak asing di telinga kita yaitu otak ibarat pedang, jika dibiarkan saja maka akan berkarat dan tumpul dan tidak bisa digunakan. Tapi jika pedang itu diasah terus menerus, maka pedang itu akan selalu mengkilap dan bisa digunakan. Hal itu menandakan bahwa membaca sangat penting bagi kita.
Membaca juga bisa meningkatkan kemampuan dalam menulis. Karena dengan banyak membaca , secara tidak langsung kita akan tahu macam-macam bentuk penulisan dalam sebuah karangan. Hal ini sangat penting bagi masa depan kita, khususnya untuk pelajar ataupun mahasiswa dalam pembuatan karya ilmiah ataupun artikel dan lain sebagainya.
Membaca secara Kontekstual.
Dapat mengetahui situasi dan kondisi. Artinya kita mampu untuk membaca peluang-peluang yang ada, sehingga mampu menganalisis kondisi yang sedang terjadi kemudian mampu untuk memperkirakan sesuatu yang akan terjadi. Jika hal ini diterapkan dalam proses bisnis yang sedang kita jalani, tentunya akan menjadi faktor terpenting untuk memajukan bisnis yang sedang kita jalani.
Sebenarnya masih ada faktor-faktor lain yang bisa untuk membuktikan bahwa membaca adalah hal yang sangat penting bagi kita. Tapi dengan pemaparan saya di atas mungkin sudah cukup untuk dijadikan argumen bahwa membaca adalah sangat penting untuk kita.

Selesai

Kesimpulan
Membaca adalah hal yang sangat penting bagi kita karena bisa membuat otak kita cerdas, meningkatkan kemampuan menulis, mengetahui situasi dan kondisi, menganalisis kondisi, dan memperkirakan keadaan yang akan terjadi. Dan tahukah anda? Bahwa dengan kesadaran membaca tiap individu akan mecerdaskan dunia. Maka dari itu perbanyaklah membaca, karena nasib anda berada diantara tulisan karya-karya orang.
Itulah yang saya sampaikan. Jangan lupa share ke teman-teman, keluarga, dan kesiapa saja agar kita bisa mencerdaskan dunia. Jangan lupa pula masukkan kritik, saran dan masukan anda sekian dari saya akhir kata, Terima kasih atas kunjungan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *