Tips Menentukan Niche Blog yang Tepat dan Bersahabat

Tips Menentukan Niche Blog yang Tepat dan BersahabatMenentukan niche yang tepat untuk blog yang akan kita kelola adalah hal yang sangat penting yang harus kita lakukan. Karena niche blog berkaitan dengan kualitas konten dan berkaitan dengan hidup atau matinya blog kita nantinya. Dikatakan berkaitan dengan kualitas konten artinya ketika kita salah menentukan niche blog akan berpengaruh pada kualitas konten karena tidak menguasai materinya. Dan dikatakan berkaitan dengan hidup dan matinya blog artinya ketika kita tidak tau dengan materinya secara otomatis kita akan terkendala dalam pembuatan konten dan bisa jadi kita akan malas membuat konten dan akhirnya blog kita akan terlantar.
Menentukan niche blog adalah langkah awal dalam pembuatan blog.
(Baca : Panduan membuat blog)
Bagaimana sih caranya menentukan niche blog yang tepat?
Caranya adalah memilih salah satu dari pernyataan di bawah ini. Akan lebih baik jika niche blog cocok dengan semua pernyataan di bawah ini.
1. Niche blog kita adalah hobi kita.
2. Niche blog kita adalah apa yang sudah kita kuasai.
3. Niche blog kita adalah apa yang sedang kita pelajari.
4. Niche blog kita aman dari sanksi.
Niche blog kita adalah hobi kita

Hobi adalah kegiatan yang kita sukai. Sedangkan Niche blog adalah topik ruang lingkup pembahasan dalam blog. Memilih niche blog yang berkaitan dengan hobi kita tentunya akan lebih membantu kita dalam aktivitas kita selanjutnya yaitu dalam pembuatan konten blog. Artinya kita akan lebih semangat dalam membuat konten blog, karena yang kita buat adalah berkaitan dengan hobi kita. Misalnya hobi kita nonton bola, maka pilih nichenya sepak bola atau olahraga, dan konten yang kita buat juga berkaitan dengan sepak bola.
Niche blog kita adalah apa yang sudah kita kuasai

Pilihlah niche blog sesuai dengan apa yang kita kuasai. Karena apa yang sudah kita kuasai akan mempermudah kita dalam membuat konten. Menguasai di sini artinya mengetahui.  Misalnya kita pintar dalam ilmu bahasa, maka kita bisa menentukan niche kita adalah bahasa.
Niche blog kita adalah apa yang sedang kita pelajari

Apa yang sedang kita pelajari adalah apa yang bisa kita sampaikan nanti. Dalam memilih niche yang berkaitan dengan apa yang sedang kita pelajari akan sangat membantu kita nantinya. Itung-itung buat mengingat-ingat biar tidak lupa 🙂 misalnya kita sedang mempelajari bisnis, maka kita bisa menggunakannya sebagai niche blog kita, yaitu berkaitan dengan bisnis.
Niche blog kita aman dari sanksi
Niche blog aman dari sanksi. Artinya niche blog tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku yaitu tidak mengandung SARA, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan tindakan melanggar hukum.

Selesai

Kesimpulan
Dalam menentukan niche blog, kita bisa memilih Niche yang berkaitan dengan hobi kita agar lebih semangat dalam mengelola blog. Bisa juga dengan apa yang kita kuasai atau ilmu yang sudah pernah kita pelajari dan kita menguasainya agar kita tidak kebingungan dalam membuat konten blog. Selain itu kita bisa memilih niche blog yang berkaitan dengan apa yang sedang kita pelajari, agar kita lebih mudah dalam membuat konten blog juga. Dan yang terakhir adalah niche blog yang akan kita buat harus aman dari ancaman hukuman, agar nantinya tidak bermasalah. Jadi tentukanlah niche blog yang nyaman untuk kita jalani sehingga kita akan bisa bertahan dalam kenyamanan mengelola blog 🙂
Semoga bermanfaat 🙂
Written by : Much. Nasih Amin

Tinggalkan komentar