Fungsi, Manfaat Dan Kegunaan Smartphone yang Jarang diketahui oleh Banyak orang

Fungsi, manfaat Dan Kegunaan smartphone sangatlah banyak tapi jarang sekali ada orang yang menyadari akan hal itu. Mereka hanya sekedar mrngetahui bahwa smartphone itu untuk browsing, bersosial media, dan berfoto selfi. Hal yang sangat diaayangkan jika anda juga berfikiran seperti itu.
Manfaat, fungsi, dan kegunaan smartphone bukan hanya sekedar untuk itu-itu saja, melainkan ada banyak Manfaat yang lebih komplek lagi yang jarang diketahui dan disadari oleh banyak orang. Jika ditinjau dari segi fisiknya, smartphone bisa dikategorikan dalam kelompok handphone. Tapi jika ditinjau dari sistem perangkat lunaknya, maka kita akan menemukan smartphone yang sesungguhnya yaitu handphone yang menggunakan sistem operasi komputer.
Disinilah titik terang adanya perbedaan handphone biasa dengan smartphone. Handphone biasa hanya bisa kita gunakan untuk telepon, sms, browsing dsb. Sedangkan smartphone fungsi, manfaat, dan kegunaannya lebih dari sekedar itu. Yaitu sudah ada fasilitas sofware layaknya komputer. Walaupun performanya belum maksimal, tapi setidaknya smartphone sudah mendukung aplikasi-aplikasi berbasis komputer dan semakin bagus spesifikasi smartphone, semakin bagus pula performanya.
Fungsi manfaat dan kegunaan smartphone.
Untuk mempermudah dalam memahami fungsi smartphone, saya bagi menjadi tiga yaitu fungsi komunikasi, hiburan, dan pendidikan.
Fungsi komunikasi
Smartphone sebagai alat untuk berkomunikasi. Dikatakan sebagai alat untuk berkomunikasi manakala digunakan untuk telepon, sms, dsb, yang berhubungan dengan interaksi antar individu dengan individu lain.
Fungsi hiburan
Smartphone adalah alat untuk hiburan. Hiburan disini artinya untuk menghibur diri mencari solusi-solusi ketika sedang ada masalah.
Fungsi pendidikan.
Fungsi yang terakhir ini yang lebih saya tekankan untuk dibahas lebih mendalam yaitu fungsi pendidikan, dimana smartphone sebagai alat untuk penunjang pendidikan. Dikatakan sebagai alat penunjang pendidikan manakala digunakan untuk membantu proses belajar, baik belajar di forum formal maupun forum lainnya.
Dalam fungsi pendidikan ini saya bagi menjadi beberapa fungsi diantaranya adalah pengasah kecerdasan, penambah pengetahuan, dan wadah kreativitas.
Pengasah kecerdasan
Dalam hal ini sering saya kaitkan dengan kecerdasan IQ, EQ, dan SQ. IQ Adalah kecerdasan berfikir logika, hitung-menghitung dan yang berhubungan dengan pikiran (kognisi). EQ adalah kecerdasan emosional yang berhubungan dengan perasaan (afeksi). Dan SQ adalah kecerdasan beragama yang berkaitan dengan tingkat religiusitas.
Penambah pengetahuan.
Dalam fungsi ini biasa saya kaitkan dengan penggunaan aplikasi untuk proses pembelajaran. Contohnya aplikasi pembuka file word, exel, powerpoint dsb.
Wadah kreatifitas.
Dikatakan sebagai wadah kreativitas ketika digunakan untuk berekspresi, menuangkan ide-ide, mendesain, dsb. Fungsi ini sering saya kaitkan dengan penggunaan aplikasi-aplikasi desain, editor dari yang simpel hingga yang rumit seperti contoh aplikasi-aplikasi berikut ini:
1. Office suite : untuk membuka dan membuat dokumen sama halnya microsoft office di komputer.
2. B1 achiver dan root explorer : untuk mengatur file sama halnya file manager di komputer.
3. Php runner : untuk membuat data base dsb seperti xampp di komputer.
4. Learn HTML dan HTML editor : untuk belajar HTML dan desain template website atau blog.
5. Foto editor : untuk edit foto.
6. Video editor : untuk edit video.
7. Blogger dan wordpres : untuk mengelola blog.
8. Share it dan air droid : untuk mentransfer file secara cepat.
9. Kamusku : untuk menerjemahkan bahasa.
10. Dj elextro mix pad : untuk bermain musik dj.
11. Easy app backup : untuk menyadangkan aplikasi yang terinstal.
Dari aplikasi-aplikasi di atas setidaknya anda sekarang sudah tahu aplikasi serta fungsi, dan kegunaan yang belum diketahui oleh banyak orang. Dan secara umum bisa dilihat manfaatnya yaitu : mempermudah pengguna dalam proses pembelajaran, membantu untuk menyelesaikan masalah dan mempermudah pengguna untuk berekspresi sesuai dengan hobinya.
Selesai
Kesimpulan
Banyak fungsi, manfaat, dan kegunaan smartphone yang belum diketahui oleh banyak penggunanya. Fungsi dan kegunaan smartphone tersebut adalah sebagai penunjang pendidikan, hiburan, dan berekspresi, dimana fungsi pendidikan memberikan fasilitas penunjang belajar, fungsi hiburan memberikan solusi-solusi dari permasalahan, dan fungsi berekspresi menyediakan tempat untuk berekspresi. Dari fungsi-fungsi itu terdapat manfaat yang bisa diambil yaitu mempermudah pengguna dalam proses  belajar, mencari solusi-solusi, dan menuangkan kreativitas.
Itulah fungsi, manfaat, dan kegunaan smartphone yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Tinggalkan komentar