Cara menulis agar tulisan menarik untuk dibaca

 

Cara menulis agar tulisan menarik untuk dibaca

Menulis dengan tulisan yang baik dan benar belum tentu menarik, karena tulisan menarik adalah bakat tersendiri yang tidak dimiliki oleh setiap individu. Artinya hanya beberapa orang saja yang mempunyai bakat tersebut. Namun tidak menutup kemungkinan semua orang bisa memiliki kemampuan tersebut dengan syarat harus berkeinginan, belajar dengan keras, dan continue atau terus menerus. Selain itu juga harus banyak membaca, karena dengan membaca seseorang akan terasah kemampuan memilah-milah tulisan yang dia baca, Apakah sudah baik atau belum.
Cara menulis agar tulisan menarik untuk dibaca.
Dalam hal ini prioritasnya adalah menarik. Menarik disini maksudnya adalah member kenyamanan kepada pembaca agar pembaca terpesona dengan tulisan yang dibuat, bahkan pembaca akan berulang kali dalam membaca tulisan tersebut. Dalam hal menulis sendiri terdapat berbagai macam aturan yang harus diterapkan. Tapi aturan-aturan itu tergantung dengan apa yang akan ditulis. Dengan media apa kita menulis, dan untuk siapa kita menulis. Ada hal penting yang bisa mengubah aturan dalam menulis. Tiga hal penting itu adalah objek yang menjadi target kita. Dalam pembuatan tulisan yang menarik, selain kita menggunakan peraturan yang ada, kita juga perlu memperhatikan factor dari target kita. Karena target kita adalah pembaca maka kita perlu memahami bagaimana cara memberi kenyamanan kepada pembaca dari tulisan kita nantinya. Kita harus menyesuaikan situasi dan kondisi yang ada. Zaman dulu dengan zaman sekarang sudah berbeda. Karakter dari pembaca pun akan berbeda pula. Intinya kita harus cerdas dalam memahami apa yang diinginkan oleh pembaca kita nantinya.
Apa saja yang perlu diperhatikan dalam menulis agar tulisan kita menarik untuk dibaca.
1.       Tata bahasa
2.       Pemilihan kata
3.       Pemilihan topik
Tata bahasa 
Dalam rangka membuat tulisan yang menarik kita harus menggunakan bahasa yang sesuai. Artinya, bahasa yang sesuai adalah bahasa yang cocok digunakan untuk penulisan. Dan kecocokan bahasa itu tergantung pada jenis tulisan yang akan kita buat. Baik itu ilmiah, populer, atau ilmiah populer. Jika tulisan yang akan kita buat, termasuk ilmiah, maka bahasa yang harus kita gunakan adalah bahasa ilmiah, baku dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Selain menggunakan bahasa baku kita juga harus mencari referensi-referensi yang relevan dengan tulisan yang akan kita tulis. Jika tulisan yang akan kita buat adalah termasuk dalam kategori populer, maka bahasa yang harus digunakan adalah bahasa populer (sehari-hari). Dan jika yang akan kita buat adalah populer ilmiah, maka kita harus menggabungkan keduanya yaitu menggunakan referensi-referensi dan bahasa yang digunakan adalah bahasa populer.
Pemilihan kata
Pemilihan kata untuk penulisan adalah proses yang harus benar-benar diperhatikan penulis dalam proses menulis. Dalam Pemilihan kata harus memperhatikan faktor eksternal (objek yang kita tuju/pembaca) dan juga faktor internal. Dimana kita harus mampu memahami dan mampu memperkirakan respon dari pembaca ketika membaca tulisan yang kita buat. Apakah akan nyaman dalam membacanya atau justru sebaliknya. Dari hasil penilaian tersebut kita jadikan.sebagai alat untuk mengukur seberapa menariknya tulisan yang kita buat.
Dalam pemilihan kata akan lebih mudah jika kita melihat objeknya, apakah dia anak-anak, remaja atu dewasa. Karena belum tentu dengan membuat tulisan sesuai dengan ketentuan-ketentuan akan menghasilkan tulisan yang menarik. Yang paling penting adalah kenyamanan dari pembaca (objek yang kita tuju). Seperti halnya ketika kita menulis untuk orang dewasa dengan anak-anak. Dimana kita harus menggunakan kata-kata yang sederhana mudah dicerna dan harus tidak terkesan menggurui untuk orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak, kita harus menggunakan kata-kata yang paling sederhana, tidak bertele-Tele dan menjauhi kata-kata yang mengandung larangan, karena akan menyebabkan gangguan perkembangan otak anak tersebut.
Pemilihan topik
Dalam pemilihan topik kita harus lebih pandai memperkirakan topik apa yang sedang ngetren (trending topik). Kita bisa mencari topik yang sedang ngetren di sosial media atau forum-forum yqng relevan dengan topik tulisan yang akan kita buat. Atau dengan cara menganalisis informasi-informasi yang sudah Ada sehingga bisa memperkirakan topik yang nantinya akan booming. Tujuannya adalah untuk jaga-jaga yang jika perkiraan kita benar-benar terjadi, maka tulisan kitalah yang akan menjadi sorotan pertama dari calon pembaca nantinya.
Selesai
Kesimpulan
Ada tiga Hal yang perlu diperhatikan dalam menulis agar tulisan yang kita buat menjadi menarik untuk dibaca. Yang pertama adalah memilih Tata bahasa yang tepat. Yang kedua adalah memilih kata yang bersahabat. Dan yang ketiga adalah memilih topik yang sesuai dan yang diminati banyak orang.
Dari ketiga Hal tersebut jika dilakukan dengan baik, maka kita akan memperoleh hasil yang maksimal yaitu menciptakan tulisan yang menarik Dan menjadi sorotan banyak orang.
Terima kasih semoga artikel Cara menulis agar tulisan menarik untuk dibaca ini bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan komentar