Blog dan Blogger menurut Elna Blog

 
Berbicara tentang blog memang tidak ada habisnya. Bahkan sekarang trafik penggunaan blog meningkat pesat khususnya di Indonesia. Hal itu disebabkan adanya isu-isu bahwa blog bisa menghasilkan uang.  Memang tidak bisa dipungkiri isu-isu yang beredar itu, nyatanya memang banyak jutawan-jutawan yang lahir dari blog.
Banyak orang berlomba-lomba untuk membuat konten-konten yang berkualitas. Mereka beranggapan bahwa dengan konten berkualitas tersebut mereka bisa menarik lebih banyak visitor-visitor baru. Disisi lain juga banyak pula orang-orang yang mengutamakan kuantitas dari konten blog. Mereka beranggapan bahwa dengan konten blog yang banyak akan banyak pula visitor yang tertarik, dengan alasan selalu update. Semua itu adalah perlombaan yang muncul secara alami dari dalam diri mereka sendiri tanpa adanya paksaan dari pihak lain.
Blog dalam pandangan saya adalah suatu wadah atau tempat untuk menampung kreativitas-kreativitas yang dimiliki oleh seorang blogger. Dalam kata lain bahwa blog merupakan tempat untuk mengumpulkan ide seseorang. Jadi kenapa ada blogger yang sukses dan ada blogger yang belum beruntung? Tentu karena faktor ide yang dimilikinya. Jika ide-ide yang dimilikinya berkualitas tinggi. Maka, dia akan menjadi seorang blogger yang sukses. Begitu juga sebaliknya.
Tapi jangan berkecil hati jika kita belum punya kreativitas-kreativitas yang cemerlang. Dengan belajar dari blogger-blogger sukses dengan sendirinya kita akan mendapatkan ide-ide yang cemerlang bahkan lebih cemerlang dari pada blogger-blogger sukses itu sendiri. Ibarat kita adalah seorang murid dan mereka adalah gurunya. Murid belum tentu bodoh, guru belum tentu pintar. Bahkan murid biasanya lebih pintar dari gurunya.
Ketika kita membuat blog, sebenarnya kita sudah tahu masa depan dari blog yang kita buat, Bahkan kita sudah merencanakan sebuah rencana besar kedepan. Tapi sering kali kita kehilangan arah ketika kita sudah masuk ke tahap proses. Iya. Terkadang kita bingung dalam tahap proses. Karena proses adalah sesuatu yang dilakukan berulang-ulang.
Dalam proses pengelolaan blog, kita mengenal dengan istilah membuat konten. Biasanya para blogger akan mengalami frustasi dalam tahap pengelolaan ini. Pasalnya kita harus membuat konten setiap hari minimal karena masih dalam proses awal.
Sebenarnya dalam pengelolaan blog, kita tidak perlu membuat konten secara rutin. Iya. Jika kita sudah memiliki paling tidak 50 artikel. Tapi pertanyaannya apakah kita sudah memiliki 50 artikel tersebut? bagi seorang blogger yang baru membuat blog tentunya belum memiliki 50 artikel tersebut. Bahkan ada yang masih memperbaiki tampilan blog (template). Sehingga yang perlu diperhatikan oleh pemula seperti kita adalah konten yang berkualitas dan berkuantitas banyak sehingga paling tidak butuh waktu 2 bulan untuk rutin membuat konten.
Berbicara tentang perbaikan template atau tampilan blog memang tidak ada habisnya. Karena dalam dunia blog mengenal istilah seo atau search engine optimation. Tapi hal ini berujung pada ketidak harmonisan dalam proses pengelolaan blog yang tergolong masih baru. Karena dengan memperhatikan tampilan blog, secara tidak langsung kita melupakan proses yang seharusnya kita jalani sekarang yaitu mengelola blog dengan membuat konten secara rutin.
Permasalahan tampilan blog memang sudah tidak bisa dihindarkan lagi. Dan permasalahan ini adalah permasalahan yang sudah lazim dialami oleh para blogger, bahkan blogger yang sekarang suksespun dulunya pernah bermasalah dengan hal ini.
Ada seorang blogger yang tidak memperdulikan sama sekali tampilan blognya. Dia hanya memilih template pada saat membuat blog sesuai dengan yang dia inginkan, kemudian fokus membuat konten. Pasalnya dia hanya bertujuan untuk mencurahkan ide-ide yang dia miliki. Dan biasanya kriteria blogger seperti ini adalah blogger yang sukses dalam tahap proses awal, sehingga dia sukses dengan sendirinya.
Disisi lain ada blogger yang berkriteria bingung alias ragu. Dia selalu ragu-ragu dengan apa yang dia sampaikan melalui blog. Kriteria tersebut bisa diketahui dengan kasat mata. Yaitu seringnya berganti-ganti template. Entah itu disadari atau tidak, hal itu sudah sangat umum sekali. Dan seorang blogger berkriteria yang seperti ini biasanya tidak bisa melewati proses pengelolaan blog awal. Pasalnya dia terlalu terpaku dalam proses pengelolaan tampilan yang seharusnya sudah terlewati. Karena dalam panduan platform blogger, pengelolaan tampilan adalah proses pertama.
Dan masih banyak lagi persoalan-persoalan blog lainnnya. Tapi pemamapar diatas sudah bisa menggambarkan tentang pengertian blog dan hal-hal yang berkaitan dengannya.
Seperti itulah gambaran blog menurut Elna Blog yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi anda. Jika ada hal-hal yang kurang bisa dipahami dan berhubungan dengan artikel ini, silahkan tanyakan di kolom kometar. Terima kasih atas kunjungan anda.

Tinggalkan komentar